Guna menunjang tertib penomoran dokumen mutu di lingkungan Universitas Boyolali Lembaga Penjamin Mutu Universitas Boyolali telah berhasil meluncurkan Aplikasi Penomoran Dokumen yang dinamai SINOMAN. SINOMAN tidak hanya memudahkan dalam penomoran dokumen namun menawarkan kemudahan sistem penomoran yang terintegrasi dalam satu sistem yang sama.

Peluncuran program ini dilaksanakan pada Rabu, 8 mei 2024 berlokasi di Universitas Boyolali. Aplikasi SINOMAN diluncurkan bersamaan dengan sosialisasi terkait tertib penomoran dokumen di Universitas Boyolali. Sosialisasi ini dilaksanakan ditujukkan kepada seluruh kepala biro, kepala bidang, dan UPPS yang ada di lingkungan UBY.

Program SINOMAN diprakarsai oleh Bapak Zakaria Husein Abdurrahman, S.Pt., M.Si. selaku Ketua Lembaga Penjamin Mutu Universitas Boyolali. Melalui ide tersebut, Bapak Yusuf Eko Rohmadi, S.Kom., M.Eng (Mas Yer) selaku kreator dari aplikasi SINOMAN. Melalui SINOMAN kedepannya diharapkan penomoran dokumen yang ada di Lingkungan Boyolali lebih efisien, terintegrasi, dan lebih terdokumentasi dengan baik.

Bapak Zakaria dalam sambutannya menyampaikan bahwa aplikasi SINOMAN kini telah resmi sebagai aplikasi penomoran dokumen pertama di Universitas Boyolali. Harapan kedepannya SINOMAN dapat mempermudah unit kerja dalam mendokumentasikan dokumen mutu.

Bapak Yusuf sebagai kreator aplikasi SINOMAN menerangkan bahwa aplikasi SINOMAN ini mudah dan bisa digunakan oleh siapapun di lingkungan UBY. Cara kerja dari aplikasi SINOMAN ini sendiri berawal dari unit kerja yang mengeluarkan dokumen mutu akan meminta nomor kepada LPM sekaligus sebagai indikator kinerja setiap unit kerja sudah memenuhi standar oleh Dikti. Maka semakin banyak dokumen yang dikeluarkan oleh unit kerja, harapannya seluruh standar yang disyaratkan oleh Dikti sudah terpenuhi. 

Melalui sosialisasi ini LPM ingin mengenalkan program baru yang diluncurkan oleh LPM UBY bernama SINOMAN (Sistem Penomoran) yang fungsi dan tujuan utamanya untuk mengadministrasi dokumen. Selain itu manfaat yang lain dengan adanya aplikasi SINOMAN sebagai indikator tiap-tiap UPPS dalam rangka melengkapi dokumen-dokumen SPMI di lingkungan UBY. Dengan adanya sistem tersebut harapannya dokumen yang ada di UBY terkait dapat lebih tertib dalam hal penomoran dan teradministrasi dengan baik sehingga tidak terjadi penomoran ganda dari setiap UPPS.